ADMIN :

#
DANT #TM
#LAVORGIRL #WILL

Monday 18 May 2015

Makanan Khas Semarang #1

Haii kawan ,Kabar Apa ?,. Udah lama nih ane gak nongol :3 ,.Kali ini ane mau ngepos tentang Makanan khas semarang , Tahu dong kota Semarang? Yap kota ini merupakan kota dari anggota 4Sekawan berasal,kota ini merupakan ibukota dari Jawa Tengah Semarang, Kota yang berjuluk Atlas ini mempunyai segudang makanan khas lho... diantaranya yang akan ane bahas berikut ..

1. Lumpia(Loen Pia)

Ini nih makanan yang sangat terkenal disemarang, makanan yang terbuat dari rebung / bambu muda ini sejatinya berasal dari Tionghoa yang diadaptasi dengan tradisi setempat. Lumpia terbuat lembaran tipis dari tepung gandum yang dijadikan kulit lalu digunakan sebagai pembungkus isian yang biasanya terdiri atas rebung,telu,sayuran segar,daging,atau udang.


2. Bandeng Presto
Selain Lumpia disemarang juga terkenal dengan makanan yang satu ini,Bandeng Presto merupakan makanan yang berasal dari ikan bandeng.Bandeng adalah ikan yang berasal dari air payau .atau air tawar yang bercampur dengan air laut, sedangkan presto dalah cara memasak untuk melunakkan duri. Makanan ini diciptakkan oleh Hanna Budimulya yang lahir di kota pati, Jawa Tengah dan akhirnya menjadi ikon besar Kota Semarang. katanya kalo kita ke semarang kita harus wajib membawa pulang oleh-oleh ini.

3. Tahu Gimbal
Di semarang juga terkenal dengan tahu,  adalah makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami pembekuan. Tahu Gimbal adalah makanan yang terdiri dari tahu goreng, potongan kol mentah, lontong, taoge, telur, dan gimbal (udang yang digoreng dengan tepung) dan dicampur dengan bumbu kacang yang sedikit encer.Satu porsi Tahu Gimbal cukup murah sekitar Rp.10.000. anda bisa menikmati Tahu Gimbal + Krupuk udang

4. Tahu Pong
Ping-Pong ? bukan ping-pong :3 .ini makanan khas semarang yang berasal dari tahu, kenapa dinamakan Tahu Pong ? karena Pong/Kopong merupakan bahasa jawa dari kata rongga/berongga . Tahu ini sebenarnya tahu biasa, seperti tahu-tahu yang lain yang kita kenal. Bedanya, mungkin karena proses pembuatan yang sedikit berbeda, tingkat kepadatan akhir yang berbeda menyebabkan kopong. Sewaktu mentah bentuknya juga sama seperti tahu biasa, tapi setelah digoreng, bagian tengahnya menyusut dan menjadi kopong.

5.Tahu Petis
Tahu Petis adalah jajanan khas kota Semarang berupa tahu goreng yang dimakan dengan petis (saus berwarna hitam kental yang biasanya terbuat dari udang yasng dikeringkan) yang dioleskan/disisipkan di tengah-tengah tahu.biasa dijajakan dipinggir jalan kota semarang saat sore.


Sampai disini dulu ya,.tunggu part 2-nya  :D 
#DANT



0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com