ADMIN :

#
DANT #TM
#LAVORGIRL #WILL

Sunday 26 May 2019

Laporan Kerja Proyek Pembuatan SMS Gateway



LAPORAN KERJA PROYEK
PEMBUATAN SMS GATEWAY

 









DISUSUN OLEH : 
NAMA     :     1.  IVAN AIDIL ADHANI     (7331)
                       2.  R. DANANTYO A K     (7340)
KELAS     :    XII TKJ 2

PROGRAM KEAHLIAN     :     TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
BIDANG KEAHLIAN     :     TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
KOMPETENSI KEAHLIAN     :     TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN


SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 8
Jl. Pandanaran II/12 Telp. (024) 8312190 Fax (024) 88440321
SEMARANG
TAHUN 2016 / 2017






ABSTRAK

Perkembangan teknologi komputer meningkat dengan cepat,dan multitasking sangat diperlukan di zaman modern seperti sekarang ini, multitasking sangat diperlukan oleh beberapa perusahaan yang mempunyai pekerjaan yang sangat banyak.
           
Untuk itu diperlukan sebuah program atau software yang mendukung multitasking dari suatu perusahaan, salah satu program itu adalah tentang sebuah program yang dapat membantu berkomunikasi antara  client perusahaan tersebut,atau bahkan dapat membantu komunikasi antar pegawai.

SMS gateway adalah sebuah sistem aplikasi yang digunakan untuk mengirim juga menerima SMS, dan biasanya digunakan pada aplikasi bisnis, baik untuk kepentingan broadcast promosi(Bulk SMS), servis informasi terhadap pengguna, penyebaran content produk / jasa dan lain lain.

Agar dapat membuat sebuah SMS gateway, Anda terlebi dahulu harus mengenal hal-hal  yang berhubungan dengan SMS gateway tersebut. Selain satu hal yang memegang peranan penting dalam pengiriman SMS adalah SMSC ( Short Message Service Center ) yang merupakan jaringan telepon selular yang menangani pengiriman SMS.
Ada beberapa aplikasi untuk membangun sebuah SMS Gateway yaitu diantaranya adalah Gammu, Kalkun, PlaySMS, dan Kannel. Disini kami akan menggunakan Gammu dan Kalkun untuk membangun sebuah SMS Gateway.


BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang Kerja Proyek
Kerja proyek adalah suatu produk atau proyek yang dihasilkan oleh peserta, dengan ketentuan produk atau proyek tidak boleh ada yang sama dengan peserta lainnya.
Kemampuan diukur berdasarkan pengetahuan (knowledge), ketrampilan (skill) dan sikap mental untuk bekerja dalam sebuah tim serta memiliki etos kerja yang tinggi untuk menyelesaikan pekerjaan di bawah tekanan dan batasan waktu.
Kerja Proyek SMK N 8 Semarang merupakan salah satu bagian dari proses pendidikan yang wajib dilaksanakan oleh setiap siswa SMK N 8 Semarang. Kegiatan ini adalah sebagai syarat Ujian Sekolah dan perwujudan tugas akhir Teknologi Komputer dan Jaringan yang prosesnya dilakukan di sekolah maupun di rumah.

2. Tujuan Kerja Proyek
·         Meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan wawasan bagi siswa agar menjadi tenaga yang propesional.
·         Memperkenalkan tentang apa itu SMS Gateway
·         Memberikan Life Skill Training yang sangat bermanfaat dalam persaingan global.
·         Meningkatkan siswa untuk memiliki kreatifitas dan motivasi kerja dalam mengembangkan keahliannya sesuai dengan profesi yang digelutinya.
·         Pembuatan laporan ini adalah untuk bukti bahwa benar-benar menjalankan tugas akhir


3. Manfaat Kerja Proyek
Manfaat kerja proyek sangat beragam seperti belajar untuk bekerja sama dalam sebuah kelompok untuk menyelesaikan sebuah tujuan atau proyek yang di tentukan oleh tim , selain itu manfaat kerja proyek antara lain adalah :
1.      Menjadi sarana untuk mengembangkan minat dan bakat peserta didik dalam bidang teknologi komputer dan jaringan.
2.      Meningkatkan penguasaan peserta didik terhadap teknologi komputer dan jaringan.
3.      Menjadi sarana praktik pembelajaran pengembangan life skill dengan keahlian komputer jaringan sehingga pembelajaran dan praktik berjalan menarik dan efektif.

4. Waktu Pelaksanaan Kerja Proyek
Kerja Proyek dilaksanakan selama pelajaran Kerja Proyek di sekolah dan juga di rumah masing-masing peserta.

5. Sistematika Kerja Proyek
Untuk mempermudah dalam menguraikan laporan ini, maka dibuat sistematika penyusunan laporan praktik kerjaindustri yang terdiri dari :
·                           Abstrak
BAB I          Pendahuluan
BAB II        Kajian Teori
BAB III       Metode Tugas Akhir
BAB IV       Langkah Pembuatan Project



BAB II

Kajian Teori

SMS Gateway

1.4.1        Pengertian SMS Gateway
SMS gateway merupakan sebuah sistem aplikasi yang digunakan untuk mengirim dan atau menerima SMS, dan biasanya digunakan pada aplikasi bisnis, baik untuk kepentingan broadcast promosi, servis informasi terhadap pengguna, penyebaran content produk / jasa dan lain lain.

 Karena merupakan sebuah aplikasi, maka fitur yang ada dalam SMS gateway bisa kita modifikasi sesuai dengan kebutuhan. Nah, berikut adalah beberapa fitur yang umum dikembangkan dalam aplikasi SMS Gateway :
·  Auto Reply
·  Pengiriman massal / broadcast message
·  Pengiriman terjadwal
Untuk membuat sebuah SMS gateway, Anda perlu mengenal hal-hal berhubungan dengan SMS gateway itu sendiri. Selain satu hal yang memegang peranan penting dalam pengiriman SMS adalah SMSC (Short Message Service Center). yang merupakan jaringan telepon selular yang menangani pengiriman SMS.
   Jadi, pada saat seseorang mengirimkan sebuah pesan SMS melalui ponselnya, SMSC-lah yang bertugas mengirimkan pesan tersebut ke nomer tujuan. Jika nomer tujuan tidak aktif, maka SMSC akan menyimpan pesan tersebut dalam jangka waktu tertentu, Jika SMS tetap tidak dapat terkirim sampai jangka waktu tersebut berakhir, maka SMS tersebut akan dihapus dari penyimpanan SMSC.
Sebuah aplikasi SMS gateway dapat menggunakan jalur SMSC untuk pengoperasiannya. Keuntungannya adalah penggunaan nomer pendek/short code yang mungkin dapat terdiri dari 3 sampai 4 digit saja misal 888, 9044, dan seterusnya. Contohnya seperti anda mengikuti pooling SMS Indonesian Idol, nomer pendek / short code ini disediakan oleh operator jaringan SMSC. Jalur SMSC juga dapat mengirim SMS dalam jumlah banyak dalam waktu yang relatif singkat. Hanya saja, untuk membuat SMS gateway dengan menggunakan jalur SMSC, kita harus memiliki jalur koneksi ke operator seluler, dan ini bukan hal yang mudah untuk pelaku bisnis dalam skala kecil ataupun individu.
Umumnya layanan ini digunakan jika aplikasi kita dapat menghasilkan traffic SMS yang tinggi. Terdapat alternatif infrastruktur yang lebih sederhana dan mudah didapatkan, yaitu membuat SMS gateway yang menggunakan ponsel ataupun modem GSM/CDMA sebagai media pengiriman/penerima SMS di mana ponsel atau modem GSM/CDMA tersebut terpasang pada sebuah komputer. Tentu saja SMS tersebut sebenarnya tetap terkirim melalui SMSC, hanya saja melalui rute yang lebih panjang karena tidak memiliki koneksi langsung terhadap si SMSC.
Karena itu, kapasitas dan kecepatan pengirimannya tidak sebaik performa jika langsung menggunakan jalur SMSC. Karena relatif lebih mudah untuk diimplementasikan, SMS gateway dengan menggunakan ponsel / GSM/CDMA modem cukup berkembang dan banyak digunakan.  
Lalu apa perbedaanya jika menggunakan ponsel, modem GSM, atau modem CDMA? Apa pilihan terbaik? Sangat tergantung pada kebutuhan anda sendiri, modem GSM/CDMA memang di desain bekerja untuk keperluan SMS gateway, memiliki peforma yang baik dan stabil dibandingkan dengan ponsel biasa. Tetapi, penggunaan ponsel untuk keperluan SMS gateway juga dapat dipertimbangkan jika sistem SMS gateway yang digunakan tidak terlalau berat dan masih dapat ditangani melalui ponsel. Sedangkan modem GSM/CDMA, sesuai dengan namanya dibedakan oleh jaringannya, apakah menggunakan GSM atau CDMA. Untuk saat ini modem GSM lebih banyak digunakan karena jaringan GSM sendiri lebih stabil.     
Modem CDMA tetap merupakan alternatif menarik yang mungkin berguna untuk kondisi tertentu. Misalnya jika anda memiliki perhitungan biaya pulsa yang lebih murah, atau kalangan penerima SMS dari sistem SMS gateway anda mayoritas menggunakan ponsel CDMA. Cara kerja modem GSM/CDMA mirip dengan modem dial up yang biasa anda gunakan untuk koneksi internet memalalui line telepon. Perbedaannya adalah modem dial-up mengirim dan menerima data melalui line telepon, sedangkan modem GSM/CDMA mengirim dan menerima data melalui gelombang radio. 

1.4.2        Jenis-jenis SMS Gateway
Ada beberapa jenis SMS Gateway,beberapa diantaranya ada yang Close Source ada juga yang Open Source, disini akan dijelaskan beberapa aplikasi SMS Gateway yang bersifat Open Source ,sebagai berikut :

Gammu & Wammu

Gammu pada dasarnya adalah sebuah library untuk membangkitkan SMS Gateway. Karena sifatnya yang open source dan mendukung banyak jenis modem, Gammu sangat populer dalam pengembangan sistem/aplikasi berbasis SMS Gateway.
Pengembang web dapat dengan mudah membuat sistem aplikasi SMS Gateway sederhana hanya dengan menggunakan script PHP dan database MySQL, dengan bantuan Gammu. Dokumentasi Gammu sangat lengkap dan mudah untuk diikuti bagi pemula. Wammu merupakan versi GUI dari Gammu.



Gambar 3.1 Gammu

Kalkun

Kalkun merupakan SMS Gateway open source berbasis web yang tinggal pakai. Tidak seperti pada Gammu, pada Kalkun pengguna tidak perlu melakukan coding. Pengaturan parameter SMS Gateway, yang meliputi jenis modem, nomor port, dan sebagainya dapat dilakukan melalui GUI yang sudah disediakan. Instalasi Kalkun sangat mirip dengan cara instalasi aplikasi web berbasis CMS (Content Management System).
Beberapa fitur menarik dari aplikasi Kalkun ini yaitu seperti Multiple database backend, Multiuser, Conversation, Flash SMS, Custom folder management, Phonebook management, SMS bomber, SMS advertisement, SMS content/member,Simple Auto Reply, dan Unicode support.



Gambar 3.2 Kalkun

PlaySMS

PlaySMS termasuk platform SMS Gateway yang sudah cukup lama berkembang, tepatnya sejak tahun 2003 dan masih eksis sampai saat ini. PlaySMS merupakan sistem portal mobile berbasis web yang fleksibel dalam menangani layanan-layanan seperti SMS Gateway, bulk SMS, personal messaging systems, hingga alat komunikasi korporasi (grup). Fiturnya yang sangat lengkap dapat dijadikan alternatif yang tepat untuk membangun sistem SMS Gateway.


Gambar 3.3 PlaySMS

Kannel

Kannel merupakan aplikasi open source untuk WAP dan SMS Gateway. Akan tetapi, Kannel hanya dapat dikembangkan di dalam sistem UNIX (Linux).
Kannel menyediakan layanan untuk mengirim SMS melalui komputer yang dilengkapi modem, WAP Push Service, dan konektivitas mobile internet. Untuk menggunakan Kannel, pengembang harus memahami cara memprogram dan menggunakan perintah-perintah dasar yang disediakan oleh Kannel.


Gambar 3.4 Kannel
1.4.3        Kebutuhan SMS Gateway
Kebutuhan SMS gateway meliputi perangkat keras dan perangkat lunak
·         Perangkat Keras
Untuk kebutuhan SMS Gateway tidak terlalu belebihan dan juga fleksibel karena bisa dibuat dengan
1.      PC maupun Notebook. Yang mutlak dibutuhkan adalah sebuah komputer,
2.      sebuah ponsel / modem
3.      kabel data (Kabel berantarmuka serial yang dapat menghubungi ponsel dengan PC) atau dapat munggunakan InfraRed dan peranti lunak sebagai SMS Gateway.
Untuk menggunakan InfraRed anda membutuhkan sebuah ponsel yang juga memiliki fasilitas tsb, tapi tidak dianjurkan untuk kebutuhan SMS gateway karena komunikasi dengan InfraRed tidak terlalu baik (jika tergeser gampang putus).
·         Perangkat Lunak
Disini penulis
1.      Menggunakan Windows sebagai sistem operasi.
2.      MySQL Ver. 3.23.52 Max sebagai Database Server dan
3.      Gammu sebagai SMS Gateway.
4.      Kalkun sebagai interface di browser.
Alternatif lainnya adalah
1.      menggunakan Nokbe SMS Gateway (berbasis Java dan bisa jalan di Linux maupun Windows)
2.      MySQL sebagai Database Server
Nokbe SMS Gateway sangat menyarankan untuk menggunakan modem GSM seperti Wavecom demi kelancaran komunikasi data dan kecepatan pengiriman SMS.




BAB III

3.1 Metode yang digunakan
Kami membuat SMS Gateway menggunakan modem huawei dikarenakan modem yang khusus untuk SMS Gateway sangat mahal harganya, untuk membuat SMS Gateway membutuhkan beberapa program diantaranya adalah Gammu untuk kode program, Kalkun sebagai interface pada browser, dan beberapa program seperti Apache dan MySQL dari XAMPP.
Untuk mengkonfigurasi gammu dapat menggunakan Command Prompt, dan untuk mengedit konfigurasinya menggunakan notepad++, dan menggunakan  phpMyAdmin untuk menimport database gammu ke browser.
Selain Command Prompt digunakan untuk mengkonfigurasi gammu,dapat juga digunakan untuk pengiriman sms, sebelum menggunakan kalkun, sebenarnya program kalkun digunakan hanya untuk  interface.
3.2 Alat dan bahan yang digunakan
Alat dan bahan :
1.      Laptop
2.      Modem
3.      Gammu
4.      Kalkun
5.      Xampp
6.      Notepad++
7.      Browser
8.      Handphone





BAB IV

LANGKAH PEMBUATAN PROYEK SMS GATEWAY

4.1 Persiapan Gammu dan Database

1. Install driver modem Anda,pastikan COM port yang digunakan Modem pada Device
Manager


Gambar 4.1 Device Manager

2. Download program berikut :
3. Extract 'Gammu-1.32.0-Windows' ke drive C:\ dan rename menjadi 'gammu'
4. Copy file 'gammurc' dan 'smsdrc' pada 'C:\gammu\share\doc\gammu\examples\config' ke
'C:\gammu\bin'
5. Edit file 'gammurc' sesuai COM port yang digunakan Modem
device = com70:
connection = at115200

Gambar 4.2 file gammu

6. Buka 'command prompt', masuk ke directory 'C:\gammu\bin' dan jalankan perintah berikut
ini :
gammu identify


Gambar 4.3 CMD


7. Install 'XAMPP for Windows', pastikan 'MySQL' dan 'phpMyAdmin' dicentang



Gambar 4.4 instalasi XAMPP

8. Buka 'XAMPP Control Panel', install services 'Apache' dan 'MySQL' sampai berubah tanda
menjadi centang hijau.
Klik 'Start' untuk kedua module ini
.


Gambar 4.5 starting Apache dan MySQL

9. Buka 'localhost/phpmyadmin' pada web browser Anda.

Gambar 4.6 phpmyadmin

10. Buat database baru bernama 'gammu'

Gambar 4.7 database gammu
11. Impor format table untuk database 'gammu' Anda dengan menggunakan script 'mysql.sql'
pada direktori 'C:\gammu\share\doc\gammu\examples\sql\mysql.sql' 

Gambar 4.8 import file gammu



Gambar 4.9 import file gammu

12. Edit file 'smsdrc' untuk disesuaikan dengan perangkat dan database yang sudah terpasang.
Edit baris 7 :
device = com70:
Edit baris 9 :
connection = at115200
Edit baris 33 :
service = mysql
Edit baris 61-65 :
user = root
password = 
pc = localhost
# pc can also contain port or socket path after colon (eg. localhost:/path/to/socket)
database = gammu
Edit baris 68 :
driver = mysql

Gambar 4.10


Gambar 4.11


Gambar 4.12

13. Lakukan test mengirim SMS melalui Gammu dengan perintah
gammu -c smsdrc sendsms TEXT 08121215xxxx
isi_sms
Ctrl+z


Gambar 4.13


Gambar 4.14

14.  Install service 'GammuSMSD'
gammu-smsd -c smsdrc –i



Gambar 4.15

15. Buka 'services.msc', jalankan 'Gammu SMSD Service'


Gambar 4.16

4.2 Persiapan User Interface Kalkun

1. Pastikan Gammu sudah berjalan sesuai prosedur. 
2. Buat folder 'kalkun' di direktori 'C:\xampp\htdocs\' dan Extract 'kalkun_0.7.1' ke folder
tersebut
3. Edit file 'database.php' di direktori
'C:\xampp\htdocs\kalkun\application\config\database.php'
Edit baris 43-46
$db['default']['username'] = "root";
$db['default']['password'] = "";
$db['default']['database'] = "gammu";
$db['default']['dbdriver'] = "mysql";


Gambar 4.17

4.  Buka 'localhost/kalkun' pada web browser Anda, dan klik 'Start Installation'


Gambar 4.18


Gambar 4.19



Gambar 4.20

klik 'Run Database Setup'


Gambar 4.21

5. Sebelum klik 'Go To Application', pastikan folder 'install' dihapus


Gambar 4.22


6. Buka kembali 'localhost/kalkun' dan akan muncul login page Kalkun


Gambar 4.23

username : kalkun
password : kalkun


Gambar 4.24

7. klik 'Compose', pilih 'Input manually', masukan nomor handphone tujuan, dan ketik pesan


Gambar 4.25



Gambar 4.26

 

 

Pada tahap ini Kalkun sudah bisa berjalan, tapi belum sempurna

4.3 Penyempurnaan Kalkun

1. Pastikan Kalkun sudah bisa mengirim SMS.
2. Buka 'services.msc' dan stop service 'Gammu SMSD Service'


Gambar 4.27
3. Buka 'command prompt', masuk ke directory 'C:\gammu\bin\' dan ketik perintah
gammu-smsd -u

Gambar 4.28
4. Buka 'smsdrc' dan edit baris 43
runonreceive = C:\xampp\htdocs\kalkun\scripts\daemon.bat


Gambar 4.29

5. Masuk ke direktori 'C:\xampp\htdocs\kalkun\scripts\' dan buka file 'daemon.bat'
Edit baris 5
set PHP=C:\xampp\php\php.exe
Edit baris 7
set DAEMON=C:\xampp\htdocs\kalkun\scripts\daemon.php


Gambar 4.30

6. Buka 'command prompt', masuk ke directory 'C:\xampp\htdocs\kalkun\scripts\' dan jalankan 'daemon.bat'


Gambar 4.31


7. Buka kembali 'command prompt' dimana Anda uninstall service 'Gammu SMSD' dan ketik
perintah
gammu-smsd -c smsdrc -i


Gambar 4.32

8. Buka 'services.msc' dan jalankan service 'Gammu SMSD Service'


Gambar 4.33

9. Buka kembali 'localhost/kalkun' dan coba kirim SMS lagi menggunakan Kalkun


Gambar 4.34

10. Lakukan test membalas SMS tersebut


Gambar 4.35



Gambar 4.36

11. Untuk menyesuaikan tanggal dan waktu pada tampilan Kalkun bagian atas
Edit file 'index.php' pada direktori 'C:\xampp\htdocs\kalkun'
Hilangkan tanda '\\ ' pada baris 17


Gambar 4.37




Tampilan homepage Kalkun


Gambar 4.38


BAB V
PENUTUP

Kesimpulan
Selama proses pelaksanaan Kerja Proyek TKJ ini kami mendapat pengalaman – pengalaman baru dan juga mendapatkan pengetahuan lebih banyak tentang pembuatan sms gateway dengan menggunakan gammu dan kalkun lalu berlanjut ke database dan struktur kode dari sms gateway tersebut

Kami dapat mengetahui bagaimana bentuk-bentuk sms gateway, penggunaannya, dan juga implementasi dari sms gateway itu sendiri.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com